Kulit Kamu Kusam? Cobain Exfoliating Toner, deh!

Hi, Pretty ! Pasti di antara kalian pernah mengalami masalah kulit yang kusam dan warna tidak merata kan ? Selain jerawat, komedo, dan minyak berlebih biasanya kondisi kulit yang kusam sangat umum menjadi permasalahan kita. Melakukan perawatan wajah tentu saja harus bersifat kontinu alias GAK BOLEH MAGER ya, Pretty 😂 Namanya juga perawatan, maka harus dirawat dan secara terus menerus dilakukan.  

Nah, aku punya tips nih buat kalian yang punya masalah kulit kusam dan warna kulit tidak merata. Kalian sudah kenal Exfoliating Toner belum? Kalau sudah, Selamat ! Yay !! Kalau belum, kita sharing bareng yuk ! 


1. Apa sih Exfoliating Toner itu ? 

Exfoliating atau dalam bahasa Indonesia disebut proses eksfoliasi secara sederhana merupakan proses pengangkatan sel kulit mati yang bisa menyebabkan kulit tampak kusam. Eksfoliasi ini juga membantu mengangkat sisa kotoran sehingga kulit jauh lebih bersih dan halus. Dalam proses ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan produk eksfoliasi yang bersifat kimia atau chemical dan fisik atau physical. Nah, Exfoliating Toner merupakan bentuk produk dari eksfoliasi secara chemical. Biasanya bagi teman-teman yang baru pertama kali mencoba produk exfoliating toner patokan untuk tahu produknya termasuk dalam exfo toner adalah adanya kandungan aktif berupa AHA, BHA atau PHA. Karena karena bentuk eksfoliasi ini berupa toner maka bisa dipastikan tekstur produknya cair ya, Pretty !

2. Apa itu AHA, BHA dan PHA ?

Setelah mengetahui secara umum apa itu exfoliating toner, di poin ini akan dibahas tentang kandungan aktif yang biasanya terdapat dalam produk eksfoliasi berupa toner. 

Yang pertama,  AHA atau Alpha Hydorxy Acids merupakan kandungan aktif chemical exfoliator yang bersifat water-solube. Artinya, kandungan ini bertugas untuk melakukan proses penetrasi pada air dan bekerja pada kulit lapisan paling luar. Maka dari itu, kandungan ini membantu untuk menghidrasi kulit. Akan tetapi ada catatan dalam penggunaan produk dengan kandungan AHA, yaitu WAJIB dibarengi dengan Sunscreen atau Sun Protector ya, Pretty. Karena kandungan AHA ini sangat sensitif dan bekerja di area luar kulit, sehingga kita harus aware untuk mengaplikasikan produk pelindung kulit. 

Yang kedua,   BHA atau Beta Hydroxy Acids. Berbeda dengan AHA yang bersifat water-solube, BHA bersifat oil-solube sehingga terpenetrasi dengan minyak. BHA sangat membantu untuk eksfoliasi kulit lapisan teratas dan membantu mengurangi minyak, komedo dan jerawat, loh! Apabila AHA menghidrasi, BHA cenderung menyebabkan kulit menjadi kering. Sehingga, apabila kalian melihat produk dengan kandungan BHA pasti dibarengi dengan penggunaan kandungan lain yang dapat memberi kelembapan. 

Yang ketiga,  PHA atau Poly Hydroxy Acids. Nah, kalau PHA ini sebenarnya sama aja layaknya AHA dan BHA, tapi bahasa sederhananya PHA ini lebih ringan atau smooth. Sehingga kandungan ini sangat minim resiko iritasinya. 

3. Rekomendasi Produk Exfoliating Toner

Banyak sekali brand skincare yang mengeluarkan produk exfoliating toner , bahkan beberapa produk sangat hype dan banyak digunakan nih sama perempuan-perempuan pecinta skincare. Nah, dalam tulisan ini aku bakal memberikan rekomendasi produk exfoliating toner  yang bisa kalian coba, bahkan untuk pemula yang sebelumnya belum pernah menggunakan exfoliating toner. Apa aja nih produknya ? 

* COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 


Produk ini tergolong salah satu produk exfoliating toner yang banyak banget dipake untuk pemula. Menurutku produk ini emang lumayan ringan untuk ukuran produk eksfoliasi. Klaim produknya juga bisa digunakan setiap hari, jadi termasuk daily exfoliating toner gitu. Konsentrasi AHA/BHA nya juga nggak seberapa besar, jadi cukup aman buat pemula yang belum pernah terjamah bahan aktif. 

*Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner


Siapa sih yang nggak kenal produk ini ? Kayaknya paling tidak pernah dengar lah yaaaa. Some by Mi jadi salah satu brand skincare korea yang cukup ngehits nih di Indonesia. Salah satu produknya yang gain so much attention itu exfoliating toner nya. Kandungan aktifnya ada tiga, yaitu AHA, BHA dan PHA. Saran aja nih, bagi kalian yang mau coba pastikan test dulu yaa, biasanya produk ini bakalan kasih efek purging dulu sebelum akhirnya bisa beradaptasi dengan kulit kita. 

*Avoskin Miraculous Refining Toner 


Rekomenasi ketiga datang dari brand lokal nih! Sekarang banyak banget lokal brand yang bagus-bagus banget dan wajib dicoba. Salah satunya adalah Avoskin. Exfoliating Toner dari avoskin ini popularitasnya cukup tinggi loh, Pretty ! Tapi menurutku produk ini akan baik digunakan buat kalian yang sudah terbiasa menggunakan exfoliating toner. Kenapa? karena apabila dilihat konsenttrasi AHA/BHA nya jauh lebih tinggi dibanding dua produk sebelumnya. 

Jadi, gimana nih Pretty? Tertarik nggak untuk cobain exfoliating toner? Jangan lupa perhatikan kandungan dalam produknya ya sebelum membeli. Have a nice day 💙💙💙

Komentar